Sabtu, 22 Agustus 2020

Cara Mudah Menghemat Biaya Kuliah

 

Bagi yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA maupun SMK tentu saja impian selanjutnya yaitu bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah jika memang tujuannya untuk bersekolah lagi. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

Keuntungan Melanjutkan Kuliah

Keuntungannya tentu saja sudah bisa menambah wawasan dan juga skill yang kamu miliki agar lebih terasah lagi. Selain itu kamu juga bisa merasakan yang namanya pengalaman organisasi yang lebih jauh mendalam bila dibandingkan ketika kamu di SMA / SMK saja. Maka dari itu ada baiknya kamu segera daftarkan diri di kampus impian. Jika kalian  berencana berkuliah di UPH misalnya maka segera cari info pendaftaran UPH agar nantinya kalian tidak ketinggalan.

Berhemat Biaya Kuliah

Bagi kamu yang berasal dari keluarga serba berkecukupan tentu saja tidak akan memikirkan kuliah terutama masalah biaya secara berlebihan. Akan tetapi jika kamu adalah mahasiswa rantauan yang harus berhemat untuk biaya perkuliahan tentu saja harus mengatur keuangan sebaik mungkin. Untuk kamu yang ingin lebih berhemat, berikut ini adalah cara menghemat biaya kuliah.

Masalah Tempat Tinggal

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu masalah tempat tinggal. Sebenarnya jika kamu ingin tempat tinggal murah bisa memanfaatkan asrama kampus. Namun ada syarat dan juga ketentuan yang harus kamu penuhi. Belum lagi satu kamar harus diisi beberapa orang sekaligus, itu hal yang harus kamu rasakan jika tinggal di asrama. Alternatif lainnya yaitu kalian bisa mencari kost murah yang lokasinya ada di sekitar kampus. Jangan pilih lokasi yang terlalu jauh sehingga untuk ke kampus saja kamu perlu menggunakan alat transportasi, jika membawa kendaraan pribadi tentu bisa sedikit berhemat namun jika tidak itu hanya akan menambah pengeluaran saja.

Catat Pengeluaran Bulanan

Untuk lebih berhemat sebaiknya kamu mencatat apa saja yang menjadi kebutuhan selama satu bulan. Perlu digaris bawah disini yaitu kebutuhan bukan keinginan dengan begitu kamu bisa melihat seberapa besar pengeluaran tetap setiap bulannya. Kalaupun ada pengeluaran yang tidak terduga maka kamu juga harus mencatatnya. Hal ini dilakukan agar pengeluaran tetap untuk bulan selanjutnya tetap terkontrol.

Jangan Lupa Menabung

Hal paling penting namun sering dilupakan yaitu menabung dimana ini sangat penting sekali terutama bagi kamu mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua. Tabungan tersebut bisa berguna untuk nantinya ada keperluan mendadak sehingga kamu bisa mengambil uang dari tabungan tersebut. Tidak perlu menabung uang dengan jumlah yang terlalu banyak. Kamu bisa menabung sekitar 5 hingga persen dari uang bulanan yang diberikan oleh orang tua.

Jangan Terlalu Sering Nongkrong

Mencari suatu hiburan tentu saja tidak ada salahnya dengan cara nongkrong bersama dengan teman. Namun akan menjadi salah dan menambah pengeluaran jika kamu melakukannya terlalu sering. Maka dari itu kamu harus membatasi kapan saja kamu harus pergi nongkrong dan kapan kamu harus menahan keinginan tersebut.

Cari Beasiswa

Cara selanjutnya yaitu mencari beasiswa dimana dengan program semacam ini sangat membantu kamu menghemat pengeluaran untuk biaya kuliah. Saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan baik mengajukan surat permohonan pengurangan biaya perkuliahan ketika melakukan proses pendaftaran kuliah.

Selain itu juga kamu bisa mencari beasiswa melalui aplikasi yang bernama goKampus. Pengajuan beasiswanya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Dimana untuk pengajuan kamu hanya perlu mengisi data diri serta dokumen yang dibutuhkan saja. Siapa tahu cara tersebut berhasil dan kamu bisa berhemat dalam hal biaya kuliah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar