Mengenal Domain dan Hosting Serta Kegunaannya

--> -->

Ketika Anda ingin membuat sebuah situs web, Anda tidak hanya memerlukan seseorang yang bisa membangun tampilan situs menjadi menarik. Anda butuh dua hal yang penting, yaitu domain dan hosting. Kali ini, Anda akan diajak untuk memahami domain dan hosting secara umum, apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana cara mendapatkan domain gratis

Apa Itu Domain?

Domain bisa disamakan dengan alamat situs. Dengan domain, Anda akan diantarkan menuju sebuah situs. Domain sebenarnya adalah bentuk sederhana dari alamat IP. Menghafalkan alamat IP lebih rumit karena terdiri dari susunan angka mengingat ada begitu banyak situs web yang ada di internet. Untuk itu, hadirlah domain yang lebih sederhana dan mudah diingat.

Apakah sebuah website bisa diakses tanpa memiliki domain? Bisa saja. Tapi tentu tidak akan menarik. Tidak sedikit pula yang akan mempertanyakan kredibilitas website tersebut. Dengan adanya domain, website akan memiliki nama. Nama inilah yang akan digunakan oleh para pengguna internet dalam mengakses dan mengunjungi website Anda.

Untuk memiliki domain, Anda bisa membelinya dengan berlangganan. Apakah ada yang menyediakan domain gratis? Tentu saja ada, namun akses yang diberikan tidak seluas domain berbayar.
Secara umum, domain dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1.    Domain gTLD

gTLD merupakan singkatan dari generic Top Level Domain, yaitu jenis domain TLD yang bersifat umum, seperti .com, .net, .edu. Untuk bisa menggunakan domain jenis ini, tidak dibutuhkan persyaratan tertentu. 

2.    Domain ccTLD

ccTLD merupakan singkatan dari code country Top Level Domain, yaitu jenis domain TLD yang digunakan di sebuah negara, seperti domain .id di Indonesia. Untuk bisa menggunakan domain ini, Anda membutuhkan persyaratan tertentu. 

Apa Itu Hosting?

Hosting bisa disebut sebagai tempat penyimpanan data atau file, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Ini merupakan konten yang akan ditampilkan dalam sebuah situs web. Tanpa adanya data-data ini, tidak ada yang bisa ditampilkan dalam laman web Anda.

Sebuah website perlu memiliki tempat penyimpanan untuk file-filenya agar bisa diakses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun selama 24 jam dalam 7 hari. File ini membutuhkan wadah bernama server hosting. Jangan sampai server hosting ini bermasalah atau mengalami down karena akan membuat situs Anda tidak bisa diakses.

Hosting dan domain merupakan dua hal yang saling berkaitan. Keduanya harus berjalan beriringan agar sebuah situs web bisa diakses oleh banyak orang. Untuk bisa menggunakan hosting dan domain, Anda bisa membelinya di situs-situs penyedia domain dan hosting. Tidak perlu takut kemahalan karena mereka juga banyak memberikan promo menarik.

Beli Domain Gratis Dimana?

Hosting dan domain bisa dibeli sekaligus. Anda bisa membelinya di situs-situs web yang menjual domain dan hosting seperti Domainesia.com. Ada yang menawarkan paket lengkap, tidak sedikit yang menjualnya terpisah, ada juga yang mengadakan promo beli hosting gratis domain. Jangan lupa mencari promo agar bisa mendapatkan harga yang menarik dan terjangkau.

Anda juga bisa memilih salah satu saja untuk dibeli, misalnya dengan membeli domain saja atau membeli hosting saja. Namun Anda juga perlu tahu. Membeli hosting saja akan membuat situs web Anda tidak memiliki nama sehingga akan sulit diingat. Jika Anda menggunakan domain gratis, mungkin akan ada orang-orang yang meragukan situs Anda. 

Anda bisa saja tidak membeli hosting dan menggunakan hosting gratis yang sudah tersedia. Namun membeli domain saja dan menggunakan hosting gratisan akan membuat Anda memiliki akses yang terbatas. Begitu juga dengan fitur-fitur yang tersedia.

Nah, demi memaksimalkan situs yang Anda kelola, lebih baik Anda membeli domain dan hosting dalam satu paket. Boleh juga menggunakan hosting dan domain gratis namun pastikan sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "Mengenal Domain dan Hosting Serta Kegunaannya"

Posting Komentar