Rabu, 04 Desember 2019

4 Kesalahan Pemberian Makanan Ikan Koi yang Penting untuk Diperhatikan



Makanan ikan koi – Makanan yang dimakan koi digunakan untuk merangsang pertumbuhan, meningkatkan kualitas warna, setelah itu juga digunakan untuk bisa menjaga kesehatan ikan koi itu sendiri. Ikan koi ini memiliki fungsi metabolisme tubuh yang cukup baik terutama pada suhu di atas 21 derajat celcius. Agar metabolisme ikan koi ini juga semakin bagus penting bagi Anda untuk memperhatikan pakan dari ikan koi tersebut.  Untuk pemberian pakan koi, penting bagi Anda untuk memperhatikan komposisi gizi dan juga frekuensi pemberian pakan.  Tidak hanya itu saja, ada beberapa larangan dalam pemberian makanan ikan koi yang penting untuk Anda perhatikan seperti berikut ini:

Terlalu Banyak

Banyak pembudidaya ikan koi yang mana ingin ikan koi tumbuh cepat besar sehingga mereka memberikan pakan yang terlalu banyak. Padahal hal ini tidak bagus untuk ikan. Ikan koi akan cepat kenyang, kemudian banyak mengeluarkan kotoran dimana kotorannya ini akan mencemari air di kolam tempat dia tinggal. Air yang tercemar akan membuat ikan koi menjadi stress. Sisa pakan yang tidak termakan oleh ikan ini akan berada di dasar kolam sehingga membuat air kolam berbau. Bau kolam yang menyengat tidak hanya akan mengganggu Anda namun juga mengganggu orang-orang yang ada di sekitar Anda. Oleh sebab itu trik pemberian pakan yang tepat adalah dengan memberikan pakan sesuai dengan takarannya.

Tidak Mengetahui Frekuensi Pemberian Pakan

Kesalahan dalam memberikan pakan yang sering dilakukan pemula adalah tidak mengetahui frekuensi pemberian pakan ikan koi yang tepat. Ada yang jarang memberikan makanan ikan koi namun ada juga yang terlalu semangat memberikan pakan ikan koi. Agar bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal penting bagi Anda tahu jadwal frekuensi pemberian pakan ini. Saat suhu rendah Anda bisa memberikan pakan cukup satu kali dalam sehari saja sedangkan jika suhu tinggi Anda bisa memberikan pakan dua sampai dengan empat kali dalam sehari karena suhu tinggi akan membuat ikan koi cepat lapar.

Penggantian Pakan yang Mendadak

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat memilih pakan koi ini menyesuaikannya dengan budget. Alasannya agar bisa memberikan pakan secara berkelanjutan. Ikan koi ini berbeda dengan ikan lainnya dimana penggantian pakan tidak boleh dilakukan secara sembarangan namun harus dilakukan secara bertahap agar ikan koi tidak merasa kaget dengan tekstur dan rasa pakan yang baru. Adaptasi pakan yang baru ini membutuhkan waktu yang lama sehingga menggantinya secara mendadak hanya membuat nafsu makan koi menurun.

Suplemen yang Berlebihan

Suplemen memang bagus untuk tumbuh kembang ikan koi namun jika diberikan secara berlebihan akan menyebabkan kesehatan ikan koi terganggu. Untuk pemberian suplemen ini ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter hewan terkait. Anda juga bisa berkonsultasi tentang bagaimana pemberian suplemen yang baik dan juga takarannya yang pas.

Demikianlah beberapa kesalahan pemberian makanan ikan koi yang wajib Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar