Kamis, 28 November 2019

Apa Kata Pengelola Office Space For Rent Tentang Coworking Space?



Office space for rent adalah salah satu elemen penting untuk karyawan dan pimpinan untuk mengelola perusahaan. Dengan kata lain kantor ibarat kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Namun mengapa mereka memilih office rental? Apa bedanya dengan kantor konvensional? 

Tren sewa ruang kantor cukup populer di beberapa kota besar di Indonesia. Saking populernya bahkan seolah menggeser kantor konvensional yang selama ini menjadi tempat “abadi” para pimpinan dan karyawan dalam sebuah perusahaan.

Office Space for Rent Terbaik

Satu dari beberapa sewa ruang kantor yang paling menonjol beberapa tahun terakhir adalah coworking space. Office space for rent yang populer disebut ruang kerja bersama ini popularitasnya semakin meroket, terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Banyak perusahaan memanfaatkan coworking space untuk aktivitas kantor termasuk meeting dengan klien atau rapat perusahaan. Desain ruang terbuka dengan konsep sharing berbasis ruang kantor ini memang menawarkan suasana berbeda. Jauh lebih nyaman dibanding menyewa gedung perkantoran paling eksklusif sekalipun. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, coworking space adalah bagian dari office space yang didefinisikan sebagai ruang kerja bersama. Artinya, ruangan tersebut memang digunakan bersama orang dari berbagai profesi dan beragam perusahaan.

Desain Ruang Terbuka

Hampir semua pengelola coworking space menggunakan desain ruangan yang sama, sebuah ruangan terbuka tanpa sekat atau partisi yang membatasi jarak pandang. Namun ada juga yang menggunakan pembatas dari kaca transparan untuk kepentingan privasi. 

Dalam ruangan terbuka tersebut sudah disiapkan fasilitas beberapa set kursi dan meja, AC, aliran listrik, serta koneksi internet melalui sambungan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis.

Para pengelola office space for rent mengatakan bahwa mereka sengaja menyiapkan ruangan kerja dengan desain terbuka. Biasanya yang menyewa coworking space adalah perorangan. Jadi orang-orang yang bekerja di ruang kerja bersama tersebut berasal dari berbagai latar belakang serta memiliki kepentingan berbeda-beda. 

Jika dilihat, coworking space sebenarnya terdiri dari individu-individu yang menyewa tempat secara terpisah. Namun karena ruangan didesain terbuka maka mereka seolah dari komunitas atau perusahaan yang sama. Disinilah letak keunikannya, dari sama sekali tidak pernah kenal sebelumnya mereka bisa berdiskusi kemudian membentuk jaringan bisnis. 

Memprioritaskan Fleksibilitas dan Kebebasan

Jika kantor konvensional lebih kental dengan nuansa formal, sebaliknya coworking space cenderung mengadopsi gaya casual. Di ruang kerja bersama ini fleksibilitas dan kebebasan lebih diprioritaskan. Tidak ada perbedaan jabatan atau level perusahaan, semua sama termasuk kebebasan memilih meja kerja yang disukai. 

Banyak juga yang menyediakan variasi tempat kerja seperti karpet bulu serta bantal-bantal besar. tujuannya tentu saja untuk mengatasi kejenuhan terlalu lama duduk di kursi. Nuansa berbeda dan tidak monoton membuat mereka betah berlama-lama di ruangan coworking space ini. 

Apakah di coworking space menyediakan area untuk merokok? Ada sebagian pengelola yang menyediakan tempat khusus untuk bekerja sambil mencari angin dan merokok. Tempat berupa akses outdoor rooftop cukup banyak diminati oleh penyewa yang punya kebiasaan merokok. 

Coworking space adalah office space for rent untuk bekerja secara serius namun dalam suasana santai. Dari kenyamanan yang ditawarkan, apakah Anda tertarik menyelesaikan tugas kantor di tempat ini? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar