Kamis, 28 November 2019

Amankah Penggunaan Sabun Bayi untuk Bayi yang Baru Lahir ?

Saat ini telah banyak produk sabun bayi yang dapat Anda jumpai di pasaran. Penggunaan sabun memang dirasa perlu untuk merawat kesehatan tubuh bayi dari kotoran akibat debu atau keringat yang menempel pada tubuh mereka. Namun sebagian ibu masih ragu apakah sabun sebenarnya aman digunakan oleh bayi yang baru lahir atau tidak. Karena seperti kita tahu bahwa kondisi kulit pada bayi yang baru lahir tentu saja masih sangat tipis dan rentan sekali terhadap resiko iritasi. Ini yang membuat banyak ibu yang baru melahirkan ragu-ragu menggunakan sabun untuk memandikan bayi mereka. Setelah dikaji lebih lanjut, ternyata sabun memang bermanfaat untuk merawat kondisi kebersihan kulit bayi. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir lagi karena ternyata sabun khusus bayi aman untuk digunakan bahkan pada bayi yang baru lahir. Berikut akan dijelaskan mengenai sabun bayi yang ternyata aman digunakan oleh bayi yang baru lahir.

Waktu yang Tepat untuk Memberikan Sabun pada Bayi yang Baru Lahir

Banyak ibu, terutama yang belum berpengalaman dengan urusan merawat bayi yang baru lahir, merasa takut saat ingin memandikan bayi yang masih berusia sangat dini. Bahkan sebagian di antaranya baru berani memandikan bayi dengan menggunakan air dan sabun setelah puput pusar atau kurang lebih setelah usia bayi menginjak satu minggu. 

Seorang dokters spesialis anak, bernama Dr. Bernie Endriarini Medise, Sp.A (K), MPH, mengatakan bahwa orang tua, khususnya para ibu, tidak perlu merasa khawatir atau takut ketika akan memandikan bayi bahkan yang baru dilahirkan. 

Menurut beliau, bayi yang baru lahir tidak perlu sangsung dimandikan. Untuk membersihkan tubuh bayi, cukup dibersihkan dengan lap sampai kering dan setelah itu ditaruh di atas dada sang ibu untuk mendapatkan proses IMD ( Inisiasi Menyusui Dini ) . Baru 6 jam setelah itu, bayi baru  dapat dimandikan dengan menggunakan air hangat dan memakai sabun bayi. 

Saat memandikan inilah, orang tua dapat menggunakan air hangat dan sabun yang dibuat khusus untuk bayi. Dr. Bernie menambahkan bahwa sabun yang dibuat khusus untuk bayi aman digunakan untuk memandikan si buah hati asalkan tetap sesuai dengan aturan pemakaian. Orang tua juga dapat menggunakan air hangat secukupnya, tidak perlu satu bak terisi penuh. Dalam memandikan si bayi, hendaknya orang tua teliti memeriksa bagian-bagian lipatan tubuh bayi agar tidak ada kotoran yang tersisa.

Sabun yang Aman Digunakan oleh Bayi yang Baru Lahir

Sabun bayi yang aman digunakan untuk bayi yang baru lahir memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Memiliki kadar pH 5.5 atau sesuai dengan kadar pH pada kulit  bayi.
  • Tidak terdapat kandungan bahan kimia keras dan juga paraben
  • Mengandung gliserin atau zat yang dapat melemabkan kulit bayi
  • Tidak terdapat kandungan alkohol di dalamnya
  • Memiliki aroma yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti minyak alami dan ekstrak bunga atau buah
Kini para orang tua tak perlu ragu atau khawatir lagi saat hendak memandikan si buah hati yang berusia sangat dini atau baru dilahirkan. Kini telah hadir Mitu Baby Sabun Mandi 2in1 200 ml yang siap menjadi sahabat keluarga dalam merawat kebersihan tubuh bayi sehari-hari. Sabun yang diformulasikan secara khusus untuk bayi ini mengandung bahan-bahan yang aman digunakan untuk bayi, bahkan yang baru lahir.  Sabun bayi yang satu ini tak hanya dapat membersihkan tubuh bayi saja, namun juga membuat bayi selalu wangi dan kulit mereka pun menjadi lembab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar